Bagaimana Berinvestasi dalam Penny Stocks: Hal yang Harus dan Tidak Dilakukan dalam Investasi Saham Nano

Bagaimana Berinvestasi dalam Penny Stocks: Hal yang Harus dan Tidak Dilakukan dalam Investasi Saham Nano

Investing Comments Off

Saham penny adalah beberapa jenis saham yang paling berbahaya di pasar. Jika Anda memainkannya dengan benar, mereka dapat menambahkan banyak perubahan ke portofolio Anda. Namun, jika Anda terlalu bersemangat, saham penny dapat mengisi seluruh masa depan keuangan Anda dalam sekejap mata.

Panduan ini akan memandu Anda memahami apa yang perlu Anda ketahui tentang berinvestasi di saham penny jika Anda memutuskan bahwa berinvestasi dalam aset mikro atau nano-cap adalah sesuatu yang ingin Anda coba. Namun, investasi saham nano tidak boleh mencakup persentase yang signifikan dari portofolio keuangan Anda. Banyak, jika tidak sebagian besar, investor sukses membangun kekayaan mereka tanpa investasi saham penny apa pun, jadi ini tentu saja tidak penting untuk kesuksesan finansial Anda di masa depan.

Apakah Penny Stocks itu?

Saham penny adalah saham perusahaan kecil berbiaya rendah yang biasanya diperdagangkan di bawah satu atau dua dolar per saham. Anda mungkin juga melihatnya disebut sebagai saham kapitalisasi mikro, saham kapitalisasi nano, atau saham kapitalisasi kecil. Komisi Sekuritas & Bursa baru-baru ini mengubah definisi resmi saham penny menjadi apa pun yang diperdagangkan di bawah $ 5, tetapi sebagian besar saham penny jauh lebih murah.

apa itu saham penny

Pro dan Kontra Penny Stock

Saham penny biasanya saham perusahaan kecil atau mikro. Perusahaan dengan kapitalisasi pasar yang lebih kecil cenderung memiliki likuiditas yang lebih rendah dan kelompok investor yang tertarik lebih kecil, sehingga mereka lebih jarang berdagang dan lebih sulit untuk diprediksi. Karena penny stock berperilaku sangat berbeda dari saham lain, mereka memiliki kelebihan dan kekurangan yang unik.

Pro: Potensi Tinggi

Saham penny biasanya berfluktuasi beberapa sen atau lebih setiap hari. Kenaikan 5 sen mungkin tidak terlihat banyak, tetapi jika harga saham asli juga 5 sen, itu adalah peningkatan 200% dalam satu hari. Bagi investor yang mampu mengambil risiko besar, potensi kenaikan nilai utama seperti ini bisa jadi menggiurkan.

Alasan lain saham penny dapat menarik adalah kapitalisasi pasar akan tumbuh jika perusahaan lepas landas. Jika ini terjadi, saham penny bisa menjadi saham berkapitalisasi menengah atau bahkan besar hanya dalam beberapa bulan. Contoh saham penny yang meroket adalah Snap Inc. (NYSE: SNAP), yang diperdagangkan sedikit di bawah $ 5 pada akhir 2018 dan, dalam dua tahun, telah menembus $ 50 per saham.

Dengan potensi mereka untuk pertumbuhan meteorik, saham penny mewakili impian pemburu keberuntungan. Tetapi bagi investor yang cerdas, itulah mereka: mimpi.

pro dan kontra investasi saham penny

Kontra: Risiko Tinggi

Alasan investor cerdas tidak menempatkan banyak saham (secara harfiah) di perusahaan nano-cap? Sederhana: saham penny bisa meroket, tapi juga bisa kehilangan nilainya dengan cepat. Perubahan besar pada investasi nano-cap dapat mengakibatkan kerugian yang besar. Seseorang yang berinvestasi dalam jumlah besar pada saham 5 sen dapat menggandakan investasi mereka atau kehilangan semuanya dengan fluktuasi naik atau turun hanya 5 sen selama sehari.

Terlebih lagi, perusahaan kecil dan mikro seringkali berada pada tahap awal bisnis. Akibatnya, mereka lebih cenderung gagal daripada perusahaan yang lebih besar dan lebih stabil. Beli dan tahan belum tentu menjadi strategi jitu dalam permainan penny stock karena investasi Anda bisa hilang sepenuhnya jika perusahaan bangkrut.

Penipuan saham penny tahun 80-an

Bagaimana Memilih Saham Penny

Selama Anda menerapkan pemberhentian dan batasan yang diperlukan, perdagangan saham penny bisa menjadi cara yang menyenangkan untuk bereksperimen dengan berinvestasi di perusahaan yang tidak konvensional. Inilah cara melakukannya dengan bijak.

Temukan Penyaring Stok yang Baik

Langkah pertama Anda adalah menemukan penyaring saham yang Anda sukai yang memungkinkan Anda mengurutkan saham berdasarkan beberapa faktor berbeda, seperti harga saham, rasio harga terhadap pendapatan, kapitalisasi pasar, dan karakteristik relevan lainnya. TradingView, Yahoo Finance, dan Google Finance menawarkan alat penyaringan saham hebat secara gratis.

Layar untuk Karakteristik Penny Stock

Menggunakan filter pencarian bawaan penyaring saham Anda, persempit pencarian Anda ke peluang saham penny prospektif. Dua karakteristik utama penny stock adalah harga saham di bawah $ 5 dan kapitalisasi pasar kurang dari $ 300 juta.

Filter lain yang dapat membantu mengidentifikasi saham penny berpotensi tinggi adalah rasio harga terhadap pendapatan. Saring saham dengan rasio P / E kurang dari 1 untuk mengidentifikasi saham yang laba per sahamnya lebih besar daripada biaya per saham. Ini menunjukkan bahwa model bisnis perusahaan menguntungkan dan cenderung menarik lebih banyak investor, yang akan menaikkan harga saham.

Lakukan Riset Anda

Setelah Anda memiliki daftar saham penny yang menurut Anda mungkin menarik untuk dibeli, teliti perusahaan di belakangnya untuk mempelajari beberapa informasi penting. Apakah mereka menguntungkan atau diproyeksikan menjadi menguntungkan dalam waktu dekat? Apakah ada pasar untuk pertumbuhan dalam industri mereka?

Anda juga harus menentukan apakah perusahaan memiliki rencana untuk mencairkan harga saham melalui pemecahan saham atau penerbitan saham baru. Semakin banyak saham yang dikeluarkan, semakin rendah nilai saham yang ada.

Tentukan Pilihan Anda

Setelah Anda merasa yakin telah melakukan uji tuntas dan menemukan stok yang menjanjikan, inilah waktunya untuk melakukan pemesanan. Anda dapat menggunakan platform pialang yang biasanya Anda gunakan untuk berdagang, tetapi berhati-hatilah – beberapa platform memanfaatkan biaya tambahan yang tinggi untuk transaksi saham penny, yang dapat bertambah dengan cepat.

Ini juga cerdas untuk menggunakan batas berhenti dan harga aktivasi saat memperdagangkan saham penny karena harga dapat berfluktuasi dengan cepat. Batas hentikan memastikan pesanan Anda tidak akan dilanjutkan jika harga saham telah naik di atas titik tertentu. Harga aktivasi memungkinkan Anda mengidentifikasi titik harga di mana Anda ingin menjual saham tertentu secara otomatis.

Kata Penutup

Sikap terbaik yang harus dimiliki saat berinvestasi dalam penny stock adalah menganggapnya kurang seperti investasi dan lebih seperti tiket lotere. Meskipun Anda dapat – dan harus – melakukan banyak penelitian saat membeli saham kapitalisasi mikro, pada akhirnya, sebagian besar kesuksesan penny stock ditentukan oleh peluang murni.

Jika Anda memutuskan untuk berinvestasi dalam saham penny, pastikan untuk menetapkan batasan untuk diri Anda sendiri sebelumnya. Beri diri Anda batasan ketat pada jumlah yang Anda rencanakan untuk diinvestasikan dan jumlah saham penny yang ingin Anda beli, dan pastikan untuk tidak pernah berinvestasi terlalu banyak sehingga portofolio Anda tidak seimbang.

Yang terpenting, jangan pernah membuat keputusan investasi sepersekian detik. Anda mungkin melihat saham yang Anda pertimbangkan untuk dibeli meroket tepat setelah Anda meneruskannya, tetapi jangan biarkan itu menjadi alasan Anda mengambil risiko yang tidak perlu pada saham nano berikutnya yang Anda lihat. Dalam hal saham penny, kesabaran adalah kuncinya.

Author

Search

Back to Top